TUTORIAL VISUAL STUDIO #10 (WEB BROWSER)

Selamat siang gan... Lama nih ane gak Post nih Blog.. OK kali ini kita akan belajar untuk Membuat Web Browser Menggunakan Bahasa C#.. Ini merupakan Web Browser Sederhana, nanti temen2 bisa Modifikasi dengan menambahkan beberapa fitur, Siapa tau Web Browser kita dapat mengalahkan Firefox... hehehe.. OK langsung aja nih tampilan Browser yang ane buat..



Untuk Codingannya adalah sebagai berikut:
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba13
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void button1_Click(object sender, EventArgs e) //Tombol GO
        {
            webBrowser1.Navigate(new Uri(textBox1.Text));
        }

        private void Form1_Load(object sender, EventArgs e) //Halaman Awal
        {
            webBrowser1.GoHome();
        }

        private void button6_Click(object sender, EventArgs e)
//Tombol Home 
        {
            webBrowser1.GoHome();
        }

        private void button7_Click(object sender, EventArgs e) //Tombol Back
        {
            webBrowser1.GoBack();
        }

        private void button8_Click(object sender, EventArgs e) // Tombol Forward
        {
            webBrowser1.GoForward();
        }

        private void button3_Click(object sender, EventArgs e) // Tombol B
        {
            webBrowser1.Navigate(new Uri("http://www.blogger.com"));
        }

        private void button4_Click(object sender, EventArgs e) // Tombol F
        {
            webBrowser1.Navigate(new Uri("http://www.facebook.com"));
        }

        private void button2_Click(object sender, EventArgs e) //Tombol F
        {
            webBrowser1.Navigate(new Uri("http://www.google.com"));
        }

        private void button5_Click(object sender, EventArgs e) //Tombol T
        {
            webBrowser1.Navigate(new Uri("http://www.twitter.com"));
        }

        private void button9_Click(object sender, EventArgs e) // Tombol Y
        {
            webBrowser1.Navigate(new Uri("http://www.yahoo.com"));
        }
    }
}


Penjelasan Coding:
Emm ane yakin tampa dijelaskan temen2 udah paham kan, prinsipnya mudah kok, tinggal nyiapin button lalu isi dengan codingan di atas, temen2 juga bisa merubah alamat URL nya dengan Website temen2 sendiri.

Sekarang temen2 udah bisa buat Web Browser sendiri, dan dengan sedikit Modifikasi Web Browser kita mungkin bisa setara dengan Web Browser yang lain. Ok dah semoga tutorialnya bermanfaat y, nih ane sertakan juga PAKET aplikasi dan video tutorialnya, biar tambah joss belajarnya. OK semangat y. Salam Super..

DOWNLOAD TUTORIAL

Related Posts:

MEMBUAT PROJECT LABVIEW MENJADI STAND ALONE (.EXE)

Selamat siang gan kali ini ane akan share tutorial untuk Membuat Project LabVIEW kita menjadi Aplikasi yang Stand Alone (.exe) sehingga project kita dapat dibuka melalui PC/laptop yang tidak terinstall LabVIEW, sama halnya seperti Visual Studio, project LabVIEW juga bisa dibuat Stand Alone. Emm penasaran bagaimana caranya, langsung aja simak nih Video ane di bawah ini, semoga bermanfaat y... Oh ya ini merupakan contoh Program yang sudah jadi, bisa langsung diinstall di  komputer mana saja (DOWNLOAD PROGRAM SUARA). Salam Super.


Related Posts:

TUTORIAL VISUAL STUDIO #9 (COUNTER UP & COUNTER DOWN)

MVS
Selamat malem gan. Lama ane gak post nih blog, maklum lagi banyak kegiatan akhir2 ini, ok dah kali ini ane akan share tentang Membuat Counter Up dan Counter Down Menggunakan C# Form Aplication Visual Studio. Materi kali ini kita akan menggunakan Multi Form untuk aplikasi yang akan kita buat nantinya, yaitu terdiri dari Master, Counter Up dan Counter Down. Emm gak sabar kan kayak apa jadinya. Ok dah langsung aja kita belajar bareng.

Ok pertama2 kita buat 3 buah Form, yaitu Form Master, Counter Up dan Counter Down. Untuk Form Master kita beri 2 buah Button sebagai jembatan untuk menuju Form Counter Up dan Counter Down, sedangkan untuk Form Counter Up dan Counter Down masing2 kita butuhkan sebuah Label dan sebuah Slider Progress Bar. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat Tampilannya dibawah ini:

Master

Slave

Codingan Untuk Form1:
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba10
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            Form2 f2 = new Form2();
            f2.Show();
        }

        private void button2_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            Form3 f3 = new Form3();
            f3.Show();
        }
    }
}

Codingan Untuk Form2:
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba10
{
    public partial class Form2 : Form
    {
        public Form2()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void timer1_Tick(object sender, EventArgs e)
        {
            int timer = Convert.ToInt32(label1.Text);
            timer = timer + 1;
            string timercount = Convert.ToString(timer);
            label1.Text = timercount;
            progressBar1.Value = timer;
            if (timer == 100)
                this.Close();

        }

        private void Form2_Load(object sender, EventArgs e)
        {
            timer1.Start();
            timer1.Enabled = true;
            timer1.Interval = 1000;
        }
    }
}

Codingan Untuk Form3:
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba10
{
    public partial class Form3 : Form
    {
        public Form3()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void timer1_Tick(object sender, EventArgs e)
        {
            int timerCD = Convert.ToInt32(label1.Text);
            timerCD = timerCD - 1;
            string timercountCD = Convert.ToString(timerCD);
            label1.Text = timercountCD;
            progressBar1.Value = timerCD;
            if (timerCD == 0)
                this.Close();
        }

        private void Form3_Load(object sender, EventArgs e)
        {
            timer1.Enabled = true;
            timer1.Start();
            timer1.Interval = 1000;
        }

        private void progressBar1_Click(object sender, EventArgs e)
        {

        }
    }
}

Penjelasan Coding:
Untuk Codingan Form1 hanya untuk menampilkan Form2 dan Form3 ketika Button ditekan, sedangkan Untuk Condingan Form2 merupakan codingan untuk Counter Up dengan Interval Waktu 1000 ms dan Nilai awal berupa 0 sampai 99. Sedangkan untuk Codingan pada Form3 merupakan codingan untuk Counter Down yang merupakan kebalikan dari codingan pada Form2 yaitu Counter Up. Masing nilai juga ditampilkan pada Progress Bar dengan Range 0 - 100.

Mudah kan pemahamannya, ok langsung aja ane share Project dan Video Tutorialnya ya. Sip2 semoga dapat bermanfaat, selamat belajar. Gak ada ruginya belajar banyak hal kok. Semangat... !

Related Posts:

CINTA SUBUH, FILM PENDEK INSPIRASI PEMUDA MUSLIM


Selamat sore gan, kali ini ane akan Posting tentang Film yang Insya Allah Berkah dan Menginspirasi bagi Kita Semua, terutama bagi para remaja kayak kita ini. Film ini merupakan film pendek yang dirilis di YouTube pertama kali pada tanggal 14 Desember 2014 garapan Film Maker Muslim. Film ini didukung oleh PPPA Daarul Qur’an, DAQU Movie, dan Want Production. Setelah sukses di Episode pertamanya yaitu Cinta Subuh - Pejuang Subuh, kini telah rilis Episode ke-2 dan ke-3, yaitu, Maha Cinta dan Ksatria Cinta. Ok dah langsung aja liat Filmnya dibawah ini, semoga dapat menginspirasi kita semua. Amin






Related Posts:

TUTORIAL VISUAL STUDIO #8 (GAME TIC TAC TOE)

Selamat pagi menjelang subuh gan... Pada Tutorial Visual Studio (Bagian 8) ini ane akan share tentang cara Membuat Game Tic Tac Toe dari bahasa C# menggunakan Form Application. Emm tau gak apa itu Game Tic Tac Toe, game tersebut merupakan game yang biasa dimainkan oleh 2 orang, orang pertama menggunakan tanda "X" sebagai tanda untuk membangun rumahnya sedangkan orang kedua menggunakan "O", misinya adalah siapa yang tercepat membangun 3 rumah yang sejajar dalam 9 petak lapangan (boleh horizontal, vertikal maupun miring) maka dialah pemenangnya... Pasti sudah pada tw semua kan, soalnya ini merupakan salah satu mainan jaman DOELOE.. Ok langsung aja kita ulas bagaimana cara membuatnya.

Ok gan, pertama-tama kita siapkan 9 buah Button sebagai arena permainannya, atur seperti tampilan dibawah ini, gunakan ToolStrip untuk membuat menu dan sub menu (menu yang digunakan adalah File dan Help dengan sub menu File berupa New Game dan Exit dan sub menu Help berupa About). Kurang lebih tampilannya seperti gambar dibawah ini.

Untuk Codingannya adalah sebagai berikut:
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba8
{
    public partial class Form1 : Form
    {

        //Deklarasi Variable
        bool turn = true;
        int counter = 0;
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }
        //Fungsi untuk menampilkan isi About ketika ditekan
        private void aboutToolStripMenuItem_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            MessageBox.Show("This Game Created By Zainal Abidin\ncoztutorial.blogspot.com", "About Game");
        }
       

         //Fungsi untuk Exit ketika menu Exit ditekan
         private void exitToolStripMenuItem_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            Application.Exit();
        }     

         //Fungsi rutin untuk menampilkan X / O
         private void button_click(object sender, EventArgs e)
        {
            Button b = (Button)sender;
            if (turn)
                b.Text = "X";
            else
                b.Text = "O";
            turn = !turn;
            b.Enabled = false;
            counter++;
            check_winner();
        }
        //Fungsi untuk cek pemenang
        private void check_winner()
        {
            bool winner = false;
            //check horizontal
            if ((A1.Text == A2.Text) && (A2.Text == A3.Text) && (!A1.Enabled))
                winner = true;
            else if ((B1.Text == B2.Text) && (B2.Text == B3.Text) && (!B1.Enabled))
                winner = true;
            else if ((C1.Text == C2.Text) && (C2.Text == C3.Text) && (!C1.Enabled))
                winner = true;
            //check vertical
            else if ((A1.Text == B1.Text) && (B1.Text == C1.Text) && (!A1.Enabled))
                winner = true;
            else if ((A2.Text == B2.Text) && (B2.Text == C2.Text) && (!A2.Enabled))
                winner = true;
            else if ((A3.Text == B3.Text) && (B3.Text == C3.Text) && (!A3.Enabled))
                winner = true;
            //check diagonal
            else if ((A1.Text == B2.Text) && (B2.Text == C3.Text) && (!A1.Enabled))
                winner = true;
            else if ((A3.Text == B2.Text) && (B2.Text == C1.Text) && (!C1.Enabled))
                winner = true;

            if (winner) //Ketika pemenang sudah ditemukan maka semua Button Disable
            {
                disable_button();
                String win = "";
                if (turn)
                    win = "O";
                else
                    win = "X";
                MessageBox.Show("Ahay.. " + win + " wins..!", "Congarulations");
            }
            else
            {
                if (counter == 9)
                    MessageBox.Show("Ahay.. Draw..!", "Congarulations");
            }
        }
        //Fungsi untuk mendisable Button ketika selesai ditekan
        private void disable_button()
        {
            try
            {
                foreach (Control c in Controls)
                {
                    Button b = (Button)c;
                    b.Enabled = false;
                }
            }
            catch { }
        }
        //Fungsi untuk New Game
        private void newGameToolStripMenuItem_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            turn = true;
            counter = 0;
            try
            {
                foreach (Control c in Controls)
                {
                    Button b = (Button)c;
                    b.Enabled = true;
                    b.Text = "";
                }
            }
            catch { }
        }
    }
}


Gimana seru kan, tertarik untuk membuatnya, langsung aja ayo buat Game Tic Tac Toe, nih ane udah siapin Video Tutorialnya dan Project ane yang sudah mateng menggunakan Visual Studio 2010. Ok selamat belajar gan, semoga tutorialnya dapat bermanfaat..

DOWNLOAD PROJECT

Related Posts:

TUTORIAL VISUAL STUDIO #7 (GAME MAZE)

Selamat pagi gan, untuk Tutorial Visual Studio Bagian 6 ini ane akan share tentang Membuat Game Maze menggunakan Bahasa C# dari Form Application Visual Studio. Emm penasaran kayak apa y game yang akan ane buat ini... Langsung aja simak ulasan dibawah ini.

Game ini merupakan Game Maze sederhana yang dibuat dengan menggunakan Bahasa C#. Misinya adalah, pemain harus mulai dari Start menuju ke Finish dengan tidak menyentuh Tembok dan mengumpulkan Cek-Point sebanyak mungkin dengan waktu yang tercepat. Pemain yang tidak memulai gamenya dari Start maka dianggap Game Over begitu pula apabila pemain menyentuh Tembok maka dianggap Game Over.

Pertama-tama ambil sebuah Label, lalu susun Label tersebut untuk membentuk dinding, cek-point dan Start-Finish, gunakan fungsi _MouseEnter untuk mengaktifkan fungsi jika object tersentuh Mouse / dilewati Mouse. lengkapi juga denga penghitung lama waktu dan jumlah point. Kurang lebih tampilannya seperti pada gambar dibawah ini.



Adapun Codingan dan Penjelasannya adalah sebagai berikut:
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba7
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        //Deklarasi Variable
        Timer t = new Timer();
        int i = 0;
        int point = 0;
        int hh = 0;
        int mm = 0;
        int ss = 0;
        int hh2 = 0;
        int mm2 = 0;
        int ss2 = 0;
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
            //Pesan awal sebelum permainan dimulai
            MessageBox.Show("Anda Siap, Silahkan mulai dari Start, Selamat berjuang.", "COZ.");
        }
        
        //Fungsi ketika tombol Start dilewati
        private void Start_MouseEnter_1(object sender, EventArgs e)
        {
            i = 1; //Cek jika melewati Start maka i=1
            //Ambil data Jam, Menit dan Detik awal
            hh = DateTime.Now.Hour;
            mm = DateTime.Now.Minute;
            ss = DateTime.Now.Second;
            Start.BackColor = Color.Black; //Ubah warna tombil Start
        }
 
        
        //Fungsi untuk menghitung nilai Point
        private void Point_MouseEnter(object sender, EventArgs e)
        {
            point++; //Nilai oint akan bertambah ketika tombol Point dilewati
            Label b = (Label)sender;
            b.BackColor = Color.Aqua; //Ubah warna tombool Point
        }
        private void Finish_MouseEnter(object sender, EventArgs e)
        {
            //Ambil data waktu finish, lalu kurangi dengan waktu awal untuk mendapatkan lama waktu
            hh2 = DateTime.Now.Hour - hh;
            mm2 = DateTime.Now.Minute - mm;
            ss2 = DateTime.Now.Second - ss;
            string time = "";
            if (hh2 < 10)
            {
                time += "Time : 0" + hh2;
            }
            else
            {
                time += hh2;
            }
            time += ":";

            if (mm2 < 10)
            {
                time += "0" + mm2;
            }
            else
            {
                time += mm2;
            }
            time += ":";

            if (ss < 10)
            {
                time += "0" + ss2;
            }
            else
            {
                time += ss2;
            }
            //Tampilkan lama waktu dan jumlah Point
            waktu.Text = time;
            Poin.Text = "Poin : " + point;
            //Cek nilai i , jika melewati Start/i = 1 maka menang
            if (i != 0)
            {
                MessageBox.Show("Selamat Anda Menang", "COZ.");
            }
            else
            {
                MessageBox.Show("Game Over, Anda tidak memulai dari Start", "COZ.");
            }
            Finish.BackColor = Color.Black; //Ubah farana tobol Finish
            Close(); //Tutup aplikasi
        }

        //Fungsi untuk dinding Maze, jika kursor menyentuh dinding maka Game Over
        private void label3_MouseEnter(object sender, EventArgs e) //Dinding
        {
            MessageBox.Show("Game Over, Poin anda " + point, "COZ.");
            Close();
        }
    }
}
Gimana undah ane jelasin kan codingan perbarisnya, tertarik untuk buat, langsung aja buat, kapan lagi kita bisa buat game sendiri, nih ane kasih Paket Projectnya, berisi tentang Project jadi dan Video Tutorialnya, Selamat belajar semoga dapat bermanfaat y..

Related Posts:

TUTORIAL VISUAL STUDIO #6 (KALKULATOR)

VS
Selamat pagi gan.. Pada Tutorial Visual Studio Bagian 6 ini kita akan membuat sebuah project, Kali ini ane akan share cara untuk Membuat Aplikasi Kalkulator Menggunakan Bahasa C# pada Form Application Visual Studio. Ok pasti temen2 udah pada penasaran, langsung aja kita mulai...!

Pertama-tama silahkan ambil beberapa Button dan Sebuah TextBox dan Label, susunlah seperti pada gambar dibawah ini, beri nama pada Button seperti pada gambar dibawah, nama itulah yang akan digunakan untuk mengambil data misalnya angka 1, 2, 3, dst.
CALCULATOR
CALCULATOR
CALCULATOR

Untuk Codingannya Sebagai Berikut:
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba6
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        Double hasil = 0;   //Deklarasi Variable
        String operasi = "";
        bool isoperasi = false;
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }
        private void button15_Click(object sender, EventArgs e) //For Number
        {
            if ((textBox1.Text == "0") || (isoperasi))
                textBox1.Clear();
            isoperasi = false;
            Button button = (Button)sender;
            if (button.Text == ",")
            {
                if (!textBox1.Text.Contains(","))
                    textBox1.Text = textBox1.Text + button.Text;
            }
            else
            textBox1.Text = textBox1.Text + button.Text;
        }
        private void button12_Click(object sender, EventArgs e) //For Operator
        {
            Button opera = (Button)sender;
            if (hasil != 0)
            {
                button16.PerformClick();
                operasi = opera.Text;
                label1.Text = hasil + " " + operasi;
                isoperasi = true;
            }
            else
            {
                operasi = opera.Text;
                hasil = Double.Parse(textBox1.Text);
                label1.Text = hasil + " " + operasi;
                isoperasi = true;
            }
        }
        private void button16_Click(object sender, EventArgs e) //For Result
        {
            switch (operasi)
            {
                case "+":
                    textBox1.Text = (hasil + Double.Parse(textBox1.Text)).ToString();
                    break;
                case "-":
                    textBox1.Text = (hasil - Double.Parse(textBox1.Text)).ToString();
                    break;
                case "*":
                    textBox1.Text = (hasil * Double.Parse(textBox1.Text)).ToString();
                    break;
                case "/":
                    textBox1.Text = (hasil / Double.Parse(textBox1.Text)).ToString();
                    break;
                default:
                    break;
            }
            hasil = Double.Parse(textBox1.Text);
            label1.Text = "";
        }

        private void button5_Click(object sender, EventArgs e) //For CE
        {
            textBox1.Text = "0";
            label1.Text = "";
        }

        private void button6_Click(object sender, EventArgs e) //For C
        {
            textBox1.Text = "0";
            hasil = 0;
            label1.Text = "";
        }

        private void button11_Click(object sender, EventArgs e) //For Exit
        {
            this.Close();
        }
    }
}


Penjelasan Coding:
Pertama-tama atur semua komponen angka pada Button menjadi button15_Click, ambil data menggunakan nama dari Button tersebut, jika nilai yang ditekan pertama adalah "0" maka abaikan, kecuali setelahnya diberi ",". Lalu tampilkan nilai yang ditekan pada TextBox. Untuk semua Button Operator gunakan button12_Click, ambil data menggunakan nama dari Button tersebut, jika operator ditekan maka nilai pada TextBok dipindah pada Label + operator yang digunakan. Untuk tombol Hasil gunakan button16_Click dengan mengaktifkan fungsi dari operasi, lalu menampilkannya pada TextBox, Setting juga untuk tombol C, CE dan EXIT.

Gimana sedikit jelimet kan, tenang aja, ane udah persiapkan Video dan Project yang sudah mateng kok, so temen2 bisa belajar dari itu. Ok mungkin cukup sekian ya... Semoga Tutorial ini dapat bermanfaat. Ok Go go go Semangat Belajar Kawan.

DOWNLOAD PROJECT

Related Posts:

TUTORIAL VISUAL STUDIO #5 (SISTEM LOGIN)

Selamat malem menjelang pagi gan.. Mumpung ada Wi-Fi, kali ini ane akan berbagi tentang Form Login pada Form Application pada Visual Studio. Aktifitas Login merupakan hal yang sering kita temui dalam kehidupan, fungsinya sama seperti kunci untuk masuk pada suatu rumah, begitu juga dengan Login, kita mempunya Username dan Password sebagai kunci untuk masuk pada akun atau rumah kita. Ok langsung aja simak ulasannya untuk membuat Form Login dibawah ini.

Ok pertama-tama yang kita butuhkan adalah masing2 2 buah TextBox, Label dan Button, Aturlah seperti pada tampilan dibawah ini. Percantik dengan menggunakan pilihan warna yang sesuai, disini ane menggunakan desain flat.
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba5
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void button2_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            this.Close();
        }

        private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            if (textBox1.Text == "")
            {
                MessageBox.Show("Enter a Username !", "Annoucement");
            }
            else if (textBox2.Text == "")
            {
                MessageBox.Show("Enter a Password !", "Annoucement");
            }
            else
            {
                if (textBox1.Text == "Admin" && textBox2.Text == "Admin")
                {
                    MessageBox.Show("Login Succesfully", "Annoucement");
                    this.Close();
                }
                else
                {
                    MessageBox.Show("Invalid Password or Username\nTry Again.. !", "Annoucement");
                }
            }
        }
    }
}

Penjelasan Coding:
Button1 merupakan Button Login dimana jika salah satu TextBox tidak diisi maka akan muncul pesan untuk mengisinya, ketika semua TextBox sudah terisi maka akan dicek lagi, sesuai tidak dengan ketentuannya (yaitu kolom Password dan Username harus sama dengan "Admin"), jika tidak sesuai maka akan muncul pesan Invalid Password or Username, jika sesuai maka akan keluar pesan Login Succesfully dan program akan otomatis Exit. untuk Button Cancel langsung diisi dengan codingan Exit.

Gimana mudah kan, ternyata Login itu hanya menggunakan prinsip perbandingan menggunakan fungsi if-else. Ok kali ini ane akan share tentang Project dan Video Tutorialnya, Sip dah semoga bermanfaat y. Selamat belajar.

Related Posts:

MATERI FOTOGRAFI DARI SANG AHLI

Fotografi

Selamat siang gan, Kali ini ane ane berbagi tentang Materi Fotografi yang ane dapat dari pematerinya langsung, ane udah lupa sih siapa pematerinya, soalnya sudah lama banget pelatihannya, yang pasti beliau dari Surabaya. Ok tak kenal maka tak sayang, kita ulas dulu ya tentang apa itu fotografi..

Pengertian Fotografi Menurut Wikipedia
Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos" : Cahaya dan "Grafo" : Melukis/menulis.) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.

Prinsip fotografi adalah memokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghasilkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa).

Untuk menghasilkan intensitas cahaya yang tepat untuk menghasilkan gambar, digunakan bantuan alat ukur berupa lightmeter. Setelah mendapat ukuran pencahayaan yang tepat, seorang fotografer bisa mengatur intensitas cahaya tersebut dengan mengubah kombinasi ISO/ASA (ISO Speed), diafragma (Aperture), dan kecepatan rana (speed). Kombinasi antara ISO, Diafragma & Speed disebut sebagai pajanan (exposure).

Di era fotografi digital dimana film tidak digunakan, maka kecepatan film yang semula digunakan berkembang menjadi Digital ISO.

Gimana tertarik gan untuk mendalami Fotografi... Nih ane share Materi Fotografi Dari Sang Ahli, Materinya sangat super dah menurut ane, dari pelatihannya ane dapat tau banyak tentang trik dan tips tentang fotografi, seperti fokus depan, fokus belakang. Emm Pokoknya super dah. Penasaran...??? langsung aja nih ane kasih materinya. Semoga bermanfaat y... terutama bagi ente2 yang hobby banget ama hunting fotografi.

DOWNLOAD MATERI FOTOGRAFI

Related Posts:

TUTORIAL VISUAL STUDIO #4 (JAM DIGITAL)

VS
Selamat pagi gan, kali ini ane akan berbagi tentang bagaimana membuat JAM DIGITAL menggunakan Form Aplication Visual Studio dengan Bahasa C#, prinsip kerja dari pembuatan Jam Digital ini adalah mengambil data dari Jam pada Laptop yang digunakan, selain menampilkan Jam Digital, aplikasi ini juga dapat menmpilkan Kalender. Ok langsung aja kita menuju TKP...

Yang kita butuhkan untuk membuat jam digital ini adalah 2 buah Label dan fungsi Timer sebagai Delay jam yang akan kita gunakan. Atur 2 buah Label tersebut untuk menampilkan Data Waktu dan Data Kalender seperti pada gambar di bawah ini.
Jam Digital

Sedangkan untuk Codingannya adalah sebagai berikut:
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba4
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        Timer t = new Timer();
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }
        private void Form1_Load(object sender, EventArgs e)
        {
            t.Interval = 1000; //lama waktu tunda yang digunakan adalah 1000 ms
            t.Tick += new EventHandler(this.t_Tick);
            t.Start(); //untuk memulai timer
        }
        private void t_Tick(object sender, EventArgs e)
        {
            int hh = DateTime.Now.Hour;
            int mm = DateTime.Now.Minute;
            int ss = DateTime.Now.Second;
            string time = "";
           
            if (hh < 10)
            {
                time += "0" + hh;
            }
            else
            {
                time += hh;
            }
            time += ":";

            if (mm < 10)
            {
                time += "0" + mm;
            }
            else
            {
                time += mm;
            }
            time += ":";

            if (ss < 10)
            {
                time += "0" + ss;
            }
            else
            {
                time += ss;
            }
            label1.Text = time;

            int da = DateTime.Now.Day;
            int mo = DateTime.Now.Month;
            int ye = DateTime.Now.Year;
            string dat = "";

            if (da < 10)
            {
                dat += "0" + da;
            }
            else
            {
                dat += da;
            }
            dat += "/";

            if (mo < 10)
            {
                dat += "0" + mo;
            }
            else
            {
                dat += mo;
            }
            dat += "/" + ye;
            label2.Text = dat;
        }
    }
}


Penjelasan Coding:
Pertama2 kita buat sebuah fungsi private void t_Tick(object sender, EventArgs e) untuk menyimpan semua codingan tentang data waktu dan tanggal dari PC.  int hh = DateTime.Now.Hour; fungsinya untuk mengambil data Jam lalu menyimpannya dalam variabel hh, berlaku pula untuk data Menit, Detik, Tanggal, Bulan dan Tahun. 
            if (hh < 10)
            {
                time += "0" + hh;
            }
            else
            {
                time += hh;
            }
            time += ":";
  

codingan diatas berfungsi untuk menyisipkan angka "0" sebelum angka dibawah 10, seperti 01, 02 dts.. setelah itu pemisah antara Jam dan Menit diberi karakter ":". Ini berlaku untuk Menit, Detik, Tanggal dan Bulan. label1.Text = time; berguna untuk mengubah Text pada Label menjadi karakter Jam, Menit dan Detik. Program diatas menggunakan delay interval sebesar 1000 ms untuk menghasilkan perpindahan waktu sekama 1 detik. Timer akan dimulai ketika Program dibuka menggunakan fungsi  t.Start(); lalu fungdi t_Tick akan dieksekusi.


Gimana mudah kan membuat Jam Digital sendiri menggunakan C#. Ok waktunya ane kasih File Project dan Video Tutorialnya. Semoga materi ini dapat bermanfaat y. Ok terimakasih banyak atas kunjungannya.

DOWNLOAD PROJECT

Related Posts:

TUTORIAL VISUAL STUDIO #3 (APLIKASI GENERATE NIM)

Selamat malam gan.. Kali ini ane akan berbagi tentang Tutorial Visual Studio, setelah dua tutorial sebelumnya, kali ini ane akan share tentang penggunaan if - else pada Form Aplication Visual Studio menggunakan bahasa C#. Ok gimana penasaran kan.. Langsung aja simak ulasannya dibawah ini.

Pertama-tama kita ambil dua buah TextBox sebagai input - output dan sebuah Button sebagai generate-nya. Prinsip kerjanya adalah kita masukkan Input yaitu berupa NIM, lalu tekan Button sebagai generate-nya maka outputan (Nama Mahasiswa) akan tampil sesuai dengan NIM yang dimasukkan. Ok langsung aja simak screen-nya.

Untuk Codingannya adalah sebagai berikut:
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba3
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            if (textBox1.Text == "130431100058")
            {
                textBox2.Text = "Zainal Abidin";
            }
            else if (textBox1.Text == "150431100001")
            {
                textBox2.Text = "Aslih Nur Afifah";
            }
            else textBox2.Text = "Try Again";
        }
    }
}

Penjelasan Coding:
Seperti biasa kita fokus pada coding dibawah private void button1_Click(object sender, EventArgs e) maksudnya ketika button_1 atau tombol Generate NIM diklik maka codingan dibawahnya akan dieksekusi, jika TextBox NIM-nya diisi 130431100058 maka TextBox Name Student akan tampil tulisan Zainal Abidin. Ini berlaku untuk NIM yang dibawahnya. Sedangkan ketika NIM-nya diisi selain dari NIM yang kita inputkan maka akan muncul tulisan Try Again. Gimana mudah kan pemahamannya.

Ok sekarang waktunya bagi-bagi Project dan Video Tutorialnya. Yap2 Semoga bermanfaat ya. Semangat untuk belajar dan berbagi.

Related Posts:

TUTORIAL VISUAL STUDIO #2 (APLIKASI KALENDER - NOTE)

VS
Selamat malam gan... Kali ini ane akan berbagi tentang Tutorial Visual Studio, seperti yang ane tulis kemaren, kita akan banyak belajar tentang aplikasi Visual Studio menggunakan bahasa C#. Kemaren kita sudah belajar tentang membuat Pesan Box, untuk kali ini kita akan belajar tentang meng-hidden sebuah objek. Penasaran...??? Ok langsung aja kita mulai belajarnya.

Ok pertama2 kita siapkan dulu 2 buah objek, yaitu Calendar dan Text Box, setelah itu siapkan juga 2 buah button dengan nama Calendar dan Note. Ok misinya adalah 2 tombol muncul bergantian begitu pula dengan objek nya, maksudnya ketika objek Calendar muncul maka tombol Note akan muncul ketika tombol Note ditekan, maka kedua objek tersebut hilang, lalu muncullah objek Text Box dan tombol Calendar. Emm masih bingung langsung aja lihat screen dibawah ini:

Calendar
Adapun Codingannya sebagai berikut:
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba2
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void buttonCalendar_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            monthCalendar1.Visible = true;
            buttonCalendar.Visible = false;
            richTextBox1.Visible = false;
            buttonTextbox.Visible = true;
        }

        private void buttonTextbox_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            richTextBox1.Visible = true;
            buttonTextbox.Visible = false;
            monthCalendar1.Visible = false;
            buttonCalendar.Visible = true;
        }
    }
}

Ok kita akan kupas tuntas codingan diatas, seperti biasa kita hanya akan fokus pada isi dari buttonCalendar dan buttonTextbox, keduanya adalah button yang akan digunakan untuk meng-hidden objek. Kuncinya ada pada .Visible, jika kita setting true maka objek akan tampil, sebaliknya ketika kita setting false maka objek akan menghilang ke-hidden. Jadi jika tombol buttonCalendar ditekan maka Calendar dan tombol buttonTextbox akan tampil sebaliknya, objek Textbox dan buttonCalendar akan disembunyikan. Gimana gampang kan...

Biar lebih afdol ane akan share juga file project yang telah ane buat beserta video tutorialnya. Silahkan temen2 bisa kembangin project tersebut. Ok gan semoga bermanfaat.. Selamat Belajar...

Related Posts:

TUTORIAL VISUAL STUDIO #1 (APLIKASI BUTTON)

VS
Selamat siang gan. Lama ane gak utak atik nih blog, kedepannya kayaknya ane bakal sering share tentang tutorial Visual Studio menggunakan bahasa C# (karena sekarang ane memang belajar tentang aplikasi itu, hehehe). Ok langsung aja ane akan share beberapa project dasar tentang Form Application dari Visual Studio menggunakan bahasa C#. Oh ya sebelumnya ane menggunkan Visual Studio 2010 dalam tutorial ane.

Untuk kali ini kita akan belajar tentang membuat pesan box menggunakan Form Application yang terdiri dari 2 buah button, yaitu Button RED dan BLUE, ketika button ditekan maka pesan box akan muncul. Ok penasarankan, nih ane kasih screen-nya.
Button

Red

Blue
Codingannya:
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba1
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void button2_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            MessageBox.Show("You Click Blue Button !", "My Blue");
        }

        private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            MessageBox.Show("You Click Red Button !", "My Red");
        }
    }
}

Bagi yang masih pemula pasti masih bingung, nyantai aja agan hanya fokus pada codingan ini saja:
        private void button2_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            MessageBox.Show("You Click Blue Button !", "My Blue");
        }

        private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            MessageBox.Show("You Click Red Button !", "My Red");
        }

Soalnya codingan yang lain sudah disediakan oleh sononya. Ok jadi maksud codingan diatas adalah: Message Box akan muncul jika button2 diklik, isi Message Box berupa tulisan "You Click Blue Button !" dengan judul "My Blue". Gimana mudah kan.
Gimana gan tertarik untuk membuatnya, gampang kok. Nih ane kasih file projectnya sekalian sama video tutorialnya. Jika agan2 masih belum faham tentang programnya bisa langsung tanya ane dikolom komentar. Ok gan tunggu postingan ane selanjutnya y, yang pasti bakal lebih seru dari pada ini. Semoga bermanfaat.

Related Posts:

E-BOOK PEMROGRAMAN OCTAVE

Octave

Selamat siang gan... Lama ane gak ngeblog, semoga agan2 semua gak bosen2 maen2 ke blog ane, Kali ini ane akan share tentang E-Book Pemrograman Octave, mungkin software Octave masih terdengar asing bagi temen2 semua, ane juga awalnya gitu soalnya, software ini merupakan software yang digunakan dalam matakuliah Pengolahan Citra Digital di kampus ane. Oke biar lebih faham simak ni penjelasan Octave menurut para ahli.

"GNU Octave adalah suatu perangkat lunak gratis (freeware) dan bahasa tingkat tinggi untuk komputasi numerik dan visualisasi data. Octave dirancang sebagai tiruan dari Matlab. Sumber informasi mengenai Octave dapat dilihat pada website www.octave.org.

Pada awalnya Octave dikembangkan oleh John W. Eaton (Universitas Texas) dan sekarang pengembangan dan pemeliharaan Octave dilakukan oleh beberapa orang volunteer dari berbagai penjuru dunia. 

Kelebihan utama dari Octave yaitu gratis (freeware) dan tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti Windows 98/2000/XP, Mac OS/X, Debian, Suse, Fedora, RedHat Linux."

Gimana tertarik untuk belajar Octave, gampang kok bahasanya sama dengan mathlab, ok dah ane langsung kasih E-Booknya aja. Silahkan download E-Booknya DISINI atau disitu Semoga bermanfaat ya.

Related Posts:

TIPS LOLOS PKM 2015

PKM

Selamat pagi gan, kali ini ane akan share tentang Tips Lolos PKM 2015. Emm ini merupakan salah satu dari apa yang ane tw n juga merupakan pengalaman ane, so ane akan share beberapa ilmunya, semoga dapat bermanfaat ya.

Sebelum Tips nya, kita perlu tw apa itu PKM, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional. (Sumber Wikipedia).

Gimana tertarik untuk mencoba. Ok langsung aja simak beberapa tips berikut:
Ini merupakan bagian paling penting, percuma isi proposal temen2 bagus jika gak sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh Buku Panduannya. Biasanya hal2 yang sering dilupakan adalah Jumlah Halaman, Format Referensi dan Penomoran.
Buatlah judul PKM yang semenarik mungkin, sehingga para juri penasaran n tertarik pada ide anda, kalo perlu buatlah singkatan unik dari judul yang diajukan, emm contohnya: TUKU MURNI (Tas hUjan Utm Murah kReatif sendirI) ato OMELO (OptiMalisasi WEb bLOg). Gimana unik kan.
Buatlah latar belakang yang Logis dan Real, yang pasti harus sesuai dengan ide yang temen2 usulkan, sajikan juga beberapa data yang Real seperti grafik n tabel yang temen2 peroleh dari jurnal. Inget usahakan referensinya dari Jurnal, Buku ato info lain yang dapat dipertanggung jawabkan, jangan gunakan artikel dari blog yang sumbernya gak jelas. Latar belakang juga harus berasal dari info yang trend y.
Info ini ane dapat dari pengalaman temen2 yang dulu pernah diterima n masukan dari para dosen pembimbing, dan ini memang terbukti rata2 yang diterima adalah tim yang anggotanya lintas jurusan, terutama yang sesuai dengan job kerja masing2. Misalnya anggota nya dari Teknik Elektro sebagai Perancang alat, Bendahara dari jurusan Akutansi, Humas dari jurusan Ilmu Komunikasi, dan lain sebagainya.
Buatlah ide yang aplikatif dan mampu diterapkan dilapangan ato masyarakat, dan ide tersebut dapat dikembangkan, karena jika temen2 lolos PIMNAS ide temen2 harus dikembangkan. Kembangkan ide lama yang pernah ada, tapi konsep dengan semenarik mungkin asalkan ide tersebut bener2 aplikatif n lagi trending topick, itu lebih baik dari pada temen2 buat ide baru yang nilai aplikatif n manfaatnya kurang.
Ini lagi masalah yang fatal, banyak proposal gak diterima gara2 pendanaan yang gak realistis. Googling terlebih dahulu sebelum menetapkan harga barang dan pendanaan. Buat se realistis mungkin.

Mungkin itu yang dapat ane share tentang Tips Lolos PKM 2015, gimana tertarik ikut PKM, langsung aja buat tim dan Ide yang menawan, wujudkan dalam bentuk Proposal, pengumpulan terakhir tanggal 10 Oktober 2015, ayo buruan garap... Semoga bermanfaat ya artikel ini, silahkan bagikan jika temen2 merasa artikel ini bermanfaat..

NB:

Related Posts: