TIPS LOLOS PKM 2015

PKM

Selamat pagi gan, kali ini ane akan share tentang Tips Lolos PKM 2015. Emm ini merupakan salah satu dari apa yang ane tw n juga merupakan pengalaman ane, so ane akan share beberapa ilmunya, semoga dapat bermanfaat ya.

Sebelum Tips nya, kita perlu tw apa itu PKM, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional. (Sumber Wikipedia).

Gimana tertarik untuk mencoba. Ok langsung aja simak beberapa tips berikut:
Ini merupakan bagian paling penting, percuma isi proposal temen2 bagus jika gak sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh Buku Panduannya. Biasanya hal2 yang sering dilupakan adalah Jumlah Halaman, Format Referensi dan Penomoran.
Buatlah judul PKM yang semenarik mungkin, sehingga para juri penasaran n tertarik pada ide anda, kalo perlu buatlah singkatan unik dari judul yang diajukan, emm contohnya: TUKU MURNI (Tas hUjan Utm Murah kReatif sendirI) ato OMELO (OptiMalisasi WEb bLOg). Gimana unik kan.
Buatlah latar belakang yang Logis dan Real, yang pasti harus sesuai dengan ide yang temen2 usulkan, sajikan juga beberapa data yang Real seperti grafik n tabel yang temen2 peroleh dari jurnal. Inget usahakan referensinya dari Jurnal, Buku ato info lain yang dapat dipertanggung jawabkan, jangan gunakan artikel dari blog yang sumbernya gak jelas. Latar belakang juga harus berasal dari info yang trend y.
Info ini ane dapat dari pengalaman temen2 yang dulu pernah diterima n masukan dari para dosen pembimbing, dan ini memang terbukti rata2 yang diterima adalah tim yang anggotanya lintas jurusan, terutama yang sesuai dengan job kerja masing2. Misalnya anggota nya dari Teknik Elektro sebagai Perancang alat, Bendahara dari jurusan Akutansi, Humas dari jurusan Ilmu Komunikasi, dan lain sebagainya.
Buatlah ide yang aplikatif dan mampu diterapkan dilapangan ato masyarakat, dan ide tersebut dapat dikembangkan, karena jika temen2 lolos PIMNAS ide temen2 harus dikembangkan. Kembangkan ide lama yang pernah ada, tapi konsep dengan semenarik mungkin asalkan ide tersebut bener2 aplikatif n lagi trending topick, itu lebih baik dari pada temen2 buat ide baru yang nilai aplikatif n manfaatnya kurang.
Ini lagi masalah yang fatal, banyak proposal gak diterima gara2 pendanaan yang gak realistis. Googling terlebih dahulu sebelum menetapkan harga barang dan pendanaan. Buat se realistis mungkin.

Mungkin itu yang dapat ane share tentang Tips Lolos PKM 2015, gimana tertarik ikut PKM, langsung aja buat tim dan Ide yang menawan, wujudkan dalam bentuk Proposal, pengumpulan terakhir tanggal 10 Oktober 2015, ayo buruan garap... Semoga bermanfaat ya artikel ini, silahkan bagikan jika temen2 merasa artikel ini bermanfaat..

NB:

Related Posts:

PERJALANAN KU 2015

Selamat siang gan. lama ane gak update nih blog. Untuk kali ini ane akan share tentang Pengalaman & Perjalanan ane sepanjang tahun 2015 ini. Emm, bukannya bermaksud sombong ne, tapi cuman mw berbagi pengalaman aja, ini buat motivasi ane pribadi, syukur2 jika temen2 pembaca juga ikut termotivasi itu merupakan nilai plus toh. So blog ini memang tempat ane berbagi semua yang ane punya, selain tutorial, e-book, pengalaman pun juga bagian dari apa yang ane punya. ok langsung aja. Alhamdulillah untuk tahun 2015 ini banyak sesuatu yang ane dapat antara lain:
Alhamdulillah setelah melewati beberapa tahap PKM kami didanai oleh DIKTI pada awal tahun 2015. PKM yang kami usulkan merupakan PKM Pengabdian Masyarakat dengan judul PDIL (Pelatihan Dasar Instalasi Listrik) bagi Santri PP. Darul Mustofa Bangkalan. Ini merupakan pengalaman pertama kami menjalankan program PKM, rasanya seru banget bisa berbagi ilmu kepada temen2 santri yang notabene nya hanya tau tentang keagamaan.
PKM
Ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya ane dan temen2 jadi panitia ME-CONFEST 2014. Alhamdulillah kami masih diberi kepercayaan untuk menjadi panitia pada Lomba Robot Se Jawa-Bali, yang diselenggarakan di SMAMDA (Sidoarjo). Yang pasti seru banget soalnya peserta anak2 SD yang super gesit hehehe.
AWARDS
Alhamdulillah ane dan beberapa rekan ane dipercaya oleh dosen untuk menjadi pemateri IbM (Semacam Program Pengabdian Dosen kepada Masyarakat). Alhamdulillah untuk tahun 2015 ane n rekan2 ane bisa ngisi pelatihan ditiga tempat yaitu Modung, Bangkalan-Madura, Bangkalan kota dan Sidoarjo, dengan materi Desain Digital, Instalasi Listrik, Blog dan pembuatan Video Tutorial. Sip dah bisa berbagi ilmu kepada masyarakat.
Ini merupakan acara yang diadakan oleh HIMATRO UTM (Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro), dan kebetulan yang jadi pemateri Arduino adalah ane. Seneng banget bisa berbagi ilmu dan pengalaman ma temen2 Fakultas Teknik.
Arduino
Alhamdulillah untuk praktikum Alpro ini ane diberi kepercayaan sebagai kordinator, dan hasilnya bisa dibilang sukseslah, terbukti ketika praktikum Alpro temen2 praktikan lebih antusias n tepat waktu dari pada praktikum2 yang lain, soalnya ane menerapkan uang denda bagi temen2 yang telat (sebelumnya cara ini belum pernah diterapkan). Sip dah ini merupakan pengalaman perdana ane jadi kordinator. Seru dah.
Ini merupakan bulan2 yang lumayan sibuk. Soalnya ini kali pertamanya ane ikut lomba Roket yang diadakan oleh LAPAN di Pameungpeuk Garut Jabar. yah meskipun belum bisa bawa prestasi tapi ane merasa seneng ikut serta mewakili kampus pada event besar ini, n bisa dibilang gak kalah lah dari pada kampus2 besar lainnya. Alhamdulillah muatan kami dapat lolos sampai tahap akhir (Peluncuran), cuman kalah poin aja hehehe. Serunya lagi bisa jalan2 ke Garut, Bandung dan Jakarta. Amazing.
Komurindo
Ini merupakan kebanggaan tersendiri bisa menjadi Ketupel, lebih senengnya lagi Ospek kali ini Sukses besar dari pada sebelumnya, meskipun diadakan didalam kampus. Terimakasih ya Allah, terimakasih juga kepada semua panitia super dah. juga buat para Maba 2015 terimakasih banyak atas partisipasinya. Elektro UTM,,, Yess Joss. POWER 2. Terbaik..
Power 2
Alhamdulillah ini merupakan piala pertama yang dapat ane berikan kepada Kampus ane, Super dah gak nyangka banget bakalan dapet Juara, yah meskipun Juara 3 tapi sip dah. Ini merupakan ajang pemrogramman LabVIEW tingkat Nasional yang diadakan di ITS Surabaya.
IMAC
Alhamdulillah ane dipercaya menjadi pembimbing tim robot dari SMA Antartika Sidoarjo sebanyak 3 tim pada even Karapan Robot Madura (KARBORA 2015), lebih supernya lagi kami dapat membawa pulang Juara 2 Se-Jawa Timur, padahal ini merupakan lomba Robot pertama yang diikuti kami, Terimakasih Banyak Ya Allah.
KARBORA
Alhamdulillah ane dipercaya oleh temen2 untuk menjadi Pemateri pada Kegiatan Pelatihan Penulisan PKM dan Pelatihan Code Block yang dikhususkan untuk Mahasiswa Baru Teknik Elektro 2015 sebagai bekal untuk perkuliahan di Teknik Elektro. Pelatihan ini diadakan oleh HIMATRO dan PESONA FT. Alhamdulillah super dah bisa memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada adek2 MaBa. Joss.. !
Syukur Alhamdulillah Proposal pengajuan ane & teman ane Syafik diterima Oleh LAPAN Rumpin Bogor, LAPAN merupakan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Gak nyangka deh diberi kesempatan buat KP disana. Kami akan berangkat KP pada awal Januari sampai akhir Februari, tepatnya 2 Bualan. Semoga dapat Ilmu yang Banyak dan Bermanfaat. Amin.. Terimakasih banyak ya Allah atas Nikmat dan Kesempatannya.
Update 6 Desember 2015

Related Posts: