TUTORIAL VISUAL STUDIO #10 (WEB BROWSER)

Selamat siang gan... Lama nih ane gak Post nih Blog.. OK kali ini kita akan belajar untuk Membuat Web Browser Menggunakan Bahasa C#.. Ini merupakan Web Browser Sederhana, nanti temen2 bisa Modifikasi dengan menambahkan beberapa fitur, Siapa tau Web Browser kita dapat mengalahkan Firefox... hehehe.. OK langsung aja nih tampilan Browser yang ane buat..



Untuk Codingannya adalah sebagai berikut:
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba13
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void button1_Click(object sender, EventArgs e) //Tombol GO
        {
            webBrowser1.Navigate(new Uri(textBox1.Text));
        }

        private void Form1_Load(object sender, EventArgs e) //Halaman Awal
        {
            webBrowser1.GoHome();
        }

        private void button6_Click(object sender, EventArgs e)
//Tombol Home 
        {
            webBrowser1.GoHome();
        }

        private void button7_Click(object sender, EventArgs e) //Tombol Back
        {
            webBrowser1.GoBack();
        }

        private void button8_Click(object sender, EventArgs e) // Tombol Forward
        {
            webBrowser1.GoForward();
        }

        private void button3_Click(object sender, EventArgs e) // Tombol B
        {
            webBrowser1.Navigate(new Uri("http://www.blogger.com"));
        }

        private void button4_Click(object sender, EventArgs e) // Tombol F
        {
            webBrowser1.Navigate(new Uri("http://www.facebook.com"));
        }

        private void button2_Click(object sender, EventArgs e) //Tombol F
        {
            webBrowser1.Navigate(new Uri("http://www.google.com"));
        }

        private void button5_Click(object sender, EventArgs e) //Tombol T
        {
            webBrowser1.Navigate(new Uri("http://www.twitter.com"));
        }

        private void button9_Click(object sender, EventArgs e) // Tombol Y
        {
            webBrowser1.Navigate(new Uri("http://www.yahoo.com"));
        }
    }
}


Penjelasan Coding:
Emm ane yakin tampa dijelaskan temen2 udah paham kan, prinsipnya mudah kok, tinggal nyiapin button lalu isi dengan codingan di atas, temen2 juga bisa merubah alamat URL nya dengan Website temen2 sendiri.

Sekarang temen2 udah bisa buat Web Browser sendiri, dan dengan sedikit Modifikasi Web Browser kita mungkin bisa setara dengan Web Browser yang lain. Ok dah semoga tutorialnya bermanfaat y, nih ane sertakan juga PAKET aplikasi dan video tutorialnya, biar tambah joss belajarnya. OK semangat y. Salam Super..

DOWNLOAD TUTORIAL

Related Posts:

MEMBUAT PROJECT LABVIEW MENJADI STAND ALONE (.EXE)

Selamat siang gan kali ini ane akan share tutorial untuk Membuat Project LabVIEW kita menjadi Aplikasi yang Stand Alone (.exe) sehingga project kita dapat dibuka melalui PC/laptop yang tidak terinstall LabVIEW, sama halnya seperti Visual Studio, project LabVIEW juga bisa dibuat Stand Alone. Emm penasaran bagaimana caranya, langsung aja simak nih Video ane di bawah ini, semoga bermanfaat y... Oh ya ini merupakan contoh Program yang sudah jadi, bisa langsung diinstall di  komputer mana saja (DOWNLOAD PROGRAM SUARA). Salam Super.


Related Posts:

TUTORIAL VISUAL STUDIO #9 (COUNTER UP & COUNTER DOWN)

MVS
Selamat malem gan. Lama ane gak post nih blog, maklum lagi banyak kegiatan akhir2 ini, ok dah kali ini ane akan share tentang Membuat Counter Up dan Counter Down Menggunakan C# Form Aplication Visual Studio. Materi kali ini kita akan menggunakan Multi Form untuk aplikasi yang akan kita buat nantinya, yaitu terdiri dari Master, Counter Up dan Counter Down. Emm gak sabar kan kayak apa jadinya. Ok dah langsung aja kita belajar bareng.

Ok pertama2 kita buat 3 buah Form, yaitu Form Master, Counter Up dan Counter Down. Untuk Form Master kita beri 2 buah Button sebagai jembatan untuk menuju Form Counter Up dan Counter Down, sedangkan untuk Form Counter Up dan Counter Down masing2 kita butuhkan sebuah Label dan sebuah Slider Progress Bar. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat Tampilannya dibawah ini:

Master

Slave

Codingan Untuk Form1:
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba10
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            Form2 f2 = new Form2();
            f2.Show();
        }

        private void button2_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            Form3 f3 = new Form3();
            f3.Show();
        }
    }
}

Codingan Untuk Form2:
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba10
{
    public partial class Form2 : Form
    {
        public Form2()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void timer1_Tick(object sender, EventArgs e)
        {
            int timer = Convert.ToInt32(label1.Text);
            timer = timer + 1;
            string timercount = Convert.ToString(timer);
            label1.Text = timercount;
            progressBar1.Value = timer;
            if (timer == 100)
                this.Close();

        }

        private void Form2_Load(object sender, EventArgs e)
        {
            timer1.Start();
            timer1.Enabled = true;
            timer1.Interval = 1000;
        }
    }
}

Codingan Untuk Form3:
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace ProjectCoba10
{
    public partial class Form3 : Form
    {
        public Form3()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void timer1_Tick(object sender, EventArgs e)
        {
            int timerCD = Convert.ToInt32(label1.Text);
            timerCD = timerCD - 1;
            string timercountCD = Convert.ToString(timerCD);
            label1.Text = timercountCD;
            progressBar1.Value = timerCD;
            if (timerCD == 0)
                this.Close();
        }

        private void Form3_Load(object sender, EventArgs e)
        {
            timer1.Enabled = true;
            timer1.Start();
            timer1.Interval = 1000;
        }

        private void progressBar1_Click(object sender, EventArgs e)
        {

        }
    }
}

Penjelasan Coding:
Untuk Codingan Form1 hanya untuk menampilkan Form2 dan Form3 ketika Button ditekan, sedangkan Untuk Condingan Form2 merupakan codingan untuk Counter Up dengan Interval Waktu 1000 ms dan Nilai awal berupa 0 sampai 99. Sedangkan untuk Codingan pada Form3 merupakan codingan untuk Counter Down yang merupakan kebalikan dari codingan pada Form2 yaitu Counter Up. Masing nilai juga ditampilkan pada Progress Bar dengan Range 0 - 100.

Mudah kan pemahamannya, ok langsung aja ane share Project dan Video Tutorialnya ya. Sip2 semoga dapat bermanfaat, selamat belajar. Gak ada ruginya belajar banyak hal kok. Semangat... !

Related Posts: